Pangkalpinang (Antara Babel) - Direktur Polair Polda Kepulauan Bangka Belitung, Kombes Pol Lukas Gunawan mengatakan polisi sahabat nelayan (Polsane) dibentuk untuk mengoptimalkan keamanan dan ketertiban masyarakat pesisir dan pulau-pulau kecil di daerah itu.

"Aparat kepolisian dan kelompok nelayan saling bekerja sama dan bersinergi mengawasi keamanan daerah pesisir, laut dan pulau kecil dari tindakan yang melanggar hukum," katanya di Pangkalpinang, Jumat.

Dikatakannya, program unggulan Polsane bertujuan untuk memudahkan masyarakat di perairan melaporkan informasi terkait tindak pidana di perairan.

"Program Polsane ini juga dilengkapi dengan posko pengaduan atau pelayanan dengan nomor call center 085378271111 yang berada di Mako Ditpolair. Masyarakat nelayan atau pengguna jasa di perairan dapat menginformasikan setiap kejadian di perairan terkait tindak pidana maupun laka laut," ujarnya.

Ia mengatakan, setiap informasi atau permasalahan yang diterima posko langsung diinformasikan ke setiap kapal-kapal patroli milik Ditpolair di seluruh wilayah Kepulauan Bangka belitung, sehingga dapat ditindaklanjuti segera.

"Untuk mendukung program Polsane kami sudah membentuk Bhayangkara Komunitas (Bhakom) perairan sebanyak lima rayon yang tersebar di wilayah Bangka yaitu Rayon A di Pangkalpinang, Rayon B di Sungaiselan, Rayon C di Sungailiat sampai Tj Tuing, Rayon D di Batu Belubang, Tanjung Gunung dan Tanah Merah, serta Rayon E di Air Itam, Sampur dan Temberan," katanya.

Dikatakannya, petugas Bhakom perairan diharapkan dapat membina masyarakat di perairan untuk dapat bersama-sama menjaga keamanan di perairan sehingga dapat mempersempit ruang gerak pelaku kejahatan.

Selain itu, petugas Bhakom perairan juga mendatangi kelompok-kelompok nelayan atau instansi terkait di wilayah perairan yang menjadi wilayah tanggung jawabnya, sehingga kelompok nelayan bisa memberikan informasi ke petugas ataupun langsung sms ke nomor call center Polsane.

"Dengan adanya kerja sama ini diharapkan ke depannya situasi kamtibmas di wilayah perairan Kepulauan Bangka Belitung aman dan kemitraan antara kelompok nelayan dan masyarakat pesisir dengan Polair bisa terjalin guna mendukung percepatan program gran strategi Polri," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017