Koba (Antara Babel) - Produksi perikanan tangkap di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada 2016 mencapai 23.606,50 ton.

"Produksi tersebut melebihi target yang ditetapkan hingga akhir tahun 2016 sebesar 19.795,70 ton atau pencapaiannya sebesar 119,25 persen," kata Kepala Dinas Perikanan Bangka Tengah, Dedi Muchdiyat di Koba, Selasa.

Ia menjelaskan tingginya realisasi produksi perikanan tangkap tersebut karena para nelayan sudah menggunakan alat tangkap yang lebih memadai.

"Tahun ini tentu kami menetapkan target lebih besar lagi dan kami optimistis bisa tercapai mengingat hasil tangkap cukup banyak yang didukung peralatan lebih memadai," ujarnya.

Ia mengatakan pemerintah daerah sekarang lebih konsentrasi memberdayakan masyarakat pesisir dengan terus melakukan pembinaan dan menyalurkan bantuan.

"Termasuk bantuan kapal dengan daya jelajah yang lebih memadai agar hasil tangkapan ikan para nelayan lebih banyak untuk meningkatkan kesejahteraan mereka," ujarnya.

Nelayan Bangka Tengah, kata dia, juga diberikan jaminan asuransi berupa kartu asuransi nelayan yang sudah dibagikan kepada nelayan yang tergabung dalam kelompok.

"Para nelayan juga diberikan kartu nelayan untuk memudahkan pemerintah daerah melakukan pendataan jumlah nelayan di daerah itu," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017