Sungailiat (Antara Babel) - Bupati Bangka Tarmizi Saat mengatakan tahun ini pihaknya lebih fokus pada percepatan pembangunan di sejumlah desa.

"Kami fokus pada percepatan pembangunan desa sebagaimana hasil pertemuan dengan pihak Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT)," katanya di Sungailiat, Rabu.

Menurut dia, pembangunan desa ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014.

"Guna mewujudkan program percepatan pembangunan desa pihak kementerian terkait melalui APBN dan BUMN akan mengucurkan sejumlah anggaran dengan nilai yang disesuaikan," ujarnya.

Ia menyebutkan pembangunan desa antara lain akan diutamakan pada program pembuatan embung atau tando air desa guna menampung air di lahan pertanian.

"Pembangunan embung desa dapat menggunakan anggaran dana desa yang diterima masing-masing pemerintah desa," ujarnya.

Dukungan lain untuk mewujudkan program ini, kata Tarmizi Saat adalah melalui pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan permodalan usaha dari pemerintah pusat.

"Sejumlah desa akan diusulkan kepada Kementerian Desa dan PDTT untuk mendapatkan bantuan pembangunan kawasan pedesaan, termasuk di antaranya pembangunan pasar desa," ujarnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017