Pangkalpinang (Antara Babel) - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung fokus mengawasi akhir masa kampanye Pilkada 2017 untuk mengantisipasi tindak terjadinya pelanggaran.

"Kami akan lebih fokus mengawasi akhir masa kampanye dengan memberdayakan para petugas panwascam dan PPL sesuai wilayah pengawasan," kata Ketua Panwaslu Kota Pangkalpinang Ida Kumala di Pangkalpinang, Senin.

Ia menerangkan, pihaknya mengimbau kepada para petugas panwascam dan PPL agar lebih mewaspadai berbagai indikasi pelanggaran yang kemungkinan terjadi di akhir masa kampanye.

"Kami mengimbau bagi petugas lapangan agar mewaspadai indikasi politik uang dan kampanye yang dilakukan di luar jadwal yang telah ditentukan," imbaunya.

Menurut dia, pihaknya juga fokus menggelar rapat kerja teknis bagi 383 petugas pengawas TPS untuk mengantisipasi pelanggaran saat proses pemungutan dan penghitungan suara.

"Rapat kerja teknis tersebut memberikan pembekalan bagi para pengawas TPS untuk mengantisipasi pelanggaran terutama politik uang ketika tahapan pemungutan suara di TPS," ujarnya.

Selain menggelar rapat kerja teknis, lanjut dia, Panwaslu Pangkalpinang selalu mensosialisasikan dan mengimbau kepada masyarakat agar segera melaporkan apabila menemukan indikasi pelanggaran pemilu agar Pilkada 2017 berjalan tertib, aman, dan lancar," ujarnya.

Pewarta: Mahendra

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017