Pangkalpinang (Antara Babel) - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Rustam Effendi - M Irwansyah unggul di tempat pemungutan suara (TPS) Lapas Kelas II Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Pilkada 2017.

"Paslon nomor urut 2 Rustam Effendi-Muhammad Irwansyah memperoleh 190 suara dari total jumlah pemilih 307 orang warga binaan," kata Ketua KPPS TPS 5 Widodo di Lapas Kelas II Pangkalpinang, Rabu.

Ia menjelaskan selanjutnya pasangan calon nomor urut 4 Erzaldi Rosman Djohan-Abdul Fattah memperoleh 35 suara, nomor urut 3 Hidayat Arsani-H Sukirman sebanyak 23 suara dan nomor urut 1 Yusron Ihza Mahendra-Yusroni Yazid 10 suara.

"Hasil penghitungan suara yang dimulai pukul 13.00 WIB menunjukkan surat suara yang tidak sah sebanyak 49 lembar, karena memilih lebih dari satu pasangan calon," katanya.

Ia mengatakan pelaksanaan pesta demokrasi di lapas dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap sebanyak 307 orang warga binaan dan berjalan dengan tertib, lancar dan kondusif.

"Alhamdulillah seluruh proses pelaksanaan pesta demokrasi dimulai pencoblosan hingga penghitungan surat suara berjalan dengan baik, jujur dan adil," ujarnya.

Kepala Lapas Kelas II Pangkalpinang Desri menjamin pencoblosan hingga penghitungan surat suara berjalan dengan jujur dan adil sesuai ketentuan peraturan yang berlaku.

"Kami berjalan dengan jurdil karena diawasi ketat oleh Panwaslu, KPU, aparat kepolisian dan saksi dari masing-masing pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur serta partai politik," ujarnya.

Menurut dia warga binaan sudah menggunakan hak suaranya sesuai hati nurani, tanpa ada tekanan dan paksaan untuk memilih pasangan calon gubernur dan wakil gubernur," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017