Pangkalpinang (Antara Babel) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menambah 100 kelompok rumah tangga lestari, dalam upaya meningkatkan hasil pangan dan buah lokal di daerah itu.

"Saat ini kami sedang menyeleksi 30 calon kelompok rumah tangga lestari, agar mereka mendapatkan pembinaan dan bantuan bibit tanaman," kata Kepala Dinas Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ahmad Damiri di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan saat ini jumlah kelompok Rumah Tangga Lestari mencapai 400 kelompok tersebar di Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Selatan, Bangka Tengah, Belitung dan Belitung Timur.

"Kami berharap kelompok rumah tangga lestari yang sudah ada ini berswadaya membangun kelompok baru, agar target tahun tercapai," ujarnya.

Ia mengatakan kelompok baru yang terbentuk  tahun ini akan diberikan bantuan sebesar Rp40 juta per kelompok, guna memotivasi dan mendorong anggota kelompok mengembangkan tanaman pangan dan buah lokal di pekarangan rumahnya.

"Bantuan ini dapat digunakan untuk pembangunan rumah bibit tanaman, polibek, pupuk dan sarana pendukung usaha lainnya," ujarnya.

Menurut dia dana bantuan ini diberikan secara cuma-cuma atau tidak dikembalikan kepada pemerintah daerah, sehingga tidak membebani rumah tangga mengembangkan usahanya.

"Meski dana ini tidak dikembalikan, namun kami tetap mengawasi peruntukan bantuan tersebut. Jika ditemukan kelompok yang menggunakan untuk keperluan pribadi seperti membeli televisi, pakaian dan kebutuhan lainnya maka akan diberikan sanksi," ujarnya.

Ia berharap dengan penambahan kelompok ini dapat meningkatkan hasil pangan lokal seperti cabai, bawang, bayam, kacang panjang dan lainnya sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga," harapnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017