Pangkalpinang (Antara Babel) - Balai Pengelolaan Hutan Produksi (BPHP) Wilayah V menggelar pembekalan pengamanan hutan bagi petugas keamanan lingkup wilayah kesatuan pengelolaan hutan produksi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Kegiatan ini untuk memberikan ilmu mengenai pengamanan hutan bagi petugas yang baru diterima menjadi petugas pengamanan hutan di enam KPHP di provinsi ini," kata Staf BPHP Wilayah V, Ahmad Saifullah di Pangkalpinang, Jumat.

Ia menjelaskan pembekalan diisi oleh pemateri dari Balai Penegakan Hukum Wilayah V, untuk mempertajam dan mengenalkan petugas baru mengenai materi pengamanan hutan.

"Peserta dibekali materi kesamaptaan, kebijakan pengamanan hutan, pengumpulan informasi, dan ketahanan personil keamanan hutan ketika bertugas di lapangan," ujarnya.

Ia mengatakan petugas pengamanan hutan yang baru direkrut merupakan masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah KPHP sehingga membutuhkan pembekalan mengenai ilmu pengamanan hutan.

"Kendala selama ini dalam menjaga wilayah KPHP yaitu minimnya personil pengamanan sehingga membutuhkan penambahan petugas pengamanan baru yang dikontrak dari masyarakat sekitar wilayah hutan," ujarnya.

Menurut dia petugas pengamanan baru juga dapat melakukan sosialisasi, bimbingan, dan pemberdayaan masyarakat untuk mengantisipasi tindak pidana lingkungan hidup dan kehutanan.

"Mudah-mudahan dengan adanya pembekalan ini dapat meningkatkan kinerja dan profesionalisme petugas dalam mengamankan hutan di daerah ini," harapnya.

Pewarta: Mahendra

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017