Muntok, 9/10 (Antarababel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, menganggarkan sekitar Rp2 miliar untuk pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran atau lomba membaca Alquran dengan lagu tingkat Provinsi Babel yang akan dilaksanakan pada 2014.

     "Kami siap untuk pelaksanaan kegiatan MTQ tingkat Provinsi Babel yang akan dilaksanakan pada Mei 2014 dan kami sudah menunjuk Bagian Kesejahteraan rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah setempat untuk menjadi penanggung jawab kegiatan itu," ujar Wakil Bupati Bangka Barat Sukirman di Muntok, Rabu.

     Ia menjelaskan, Kabupaten Bangka Barat secara resmi ditunjuk sebagai tuan rumah MTQ tingkat provinsi yang akan diselenggarakan di Kecamatan Muntok pada Mei 2014, ini sesuai dengan keinginan pemkab setempat yang disampaikan pada saat pelaksanaan MTQ di Belitung 2012.

     Ia menambahkan, anggaran sekitar Rp2 miliar itu akan diambil dari anggaran pendapatan dan belanja daerah kabupaten 2014 dan dana bantuan dari Pemprov Babel.

     "Pada prinsipnya kami akan gunakan anggaran itu untuk aseluruh kegiatan, termasuk penyediaan penginapan kafilah, air bersih, listrik dan akomodasi lainnya, pada dasarnya kami siap menggelar kegiatan dua tahunan itu," katanya.

     Sukirman menambahkan, MTQ Babel 2014 akan dipusatkan kegiatannya di kawasan Masjid Agung Muntok sekaligus sebagai peresmian masjid megah itu yang pembangunannya akan rampung pada Desember 2013.

     Kesiapan Pemkab dalam menyukseskan kegiatan itu, kata dia, tercermin dalam rapat awal yang dilaksanakan pada Rabu (9/10) di ruang operasional pemkab setempat yang membahas mengenai persiapan awal dengan pokok bahasan berupa draf kepanitiaan yang praktis  melibatkan seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

     "Setelah susunan kepanitiaan selesai, kamoi akan segera terbitkan surat keterangan (SK), dalam hal ini bagian Kesra kami tunjuk sebagai pemimpin sektor untuk menyukseskan kegiatan tersebut yang dibantu oleh sejumlah SKPD dan lembaga vertikal seperti Kantor Kemenag Bangka Barat dan pihak terkait lain," kata dia.

     Ia menambahkan, dalam rapat itu, ada beberapa hal penting yang dibahas, seperti memastikan tempat yaitu di kawasan Masjid Agung Muntok, namun dalam rapat tersebut belum dibahas secara terinci terkait kegiatan dan detail lainnya karena susunan kepanitiaan belum rampung.

     "Nanti akan kami gelar rapat lanjutan yang akan membahas masalah rincian teknis terkait dengan kegiatan setelah ditetapkan susunan kepanitiaan," katanya.

     Ia mengharapkan, seluruh elemen masyarakat juga ikut ambil bagian dalam kegiatan itu dengan memberikan dukungannya karena gelaran lomba antarkabupaten se-provinsi Babel itu cukup prestisius.

     "Melalui kegiatan seperti ini kami harapkan akan mampu menjadi ajang promosi daerah ke tingkat regional dan nasional, untuk itu kami harapkan masyarkat juga ikut membantu pelaksanaanya," ajak Sukirman.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Donatus Dasapurna Putranta


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013