Merawang (Antara Babel) - Koperasi Perikanan Bahari (KPB) Kecamatan Merawang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengolah rumput laut menjadi jajanan kuliner yang enak dan sehat guna menambah penghasilan.

"Melalui kelompok budidaya ikan terang cemerlang kita mengolah rumput laut menjadi berbagai macam makanan," ujar Ketua KPB Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Sukim, Sabtu.

Ia mengatakan, ada sebanyak 10 orang yang tergabung dalam kelompok tersebut dan berinovasi mengolah rumput laut menjadi produk yang memiliki nilai jual.

"Dalam hal ini KPB menyiapkan bahan baku dan membantu pemasaran serta mengkoordinir kelompok," ujarnya.

Ia menyebutkan, berbagai kuliner yang dihasilkan oleh kelompok dari bahan baku rumput laut yakni mie ayam, cup cake, enjan dan kemplang rumput laut.

Salah satu kelompok budidaya ikan terang cemerlang, Icha mengaku cup cake dari rumput laut banyak diminati oleh pelanggan sehingga ia sedikit kewalahan untuk memenuhi permintaan pasar.

"Cup cake yang terbuat dari rumput laut mengandung serat yang dibutuhkan tubuh dan teksturnya lebih lembut di bandingkan cup cake yang terbuat dari terigu," katanya.

Pencipta mi ayam rumput laut, Giyatami yang juga sebagai kelompok budidaya ikan terang cemerlang mengaku dalam satu hari bisa produksi mi ayam berbahan dasar rumput laut sebanyak empat kilogram.

"Semenjak menyediakan mi berbahan dasar rumput laut, warung saya kini semakin ramai," katanya.

Ia menyebutkan, perbedaan mi rumput laut dan mi biasanya adalah teksturnya lebih lembut, cepat putus dan ukurannya sedikit lebih besar dan gepeng.

Ia berharap usaha mi ayam berbahan dasar rumput laut lebih dikenal masyarakat luas dan pemasarannya tidak hanya di Babel saja tetapi bisa ke mancanegara.

Pewarta: Septi Artiana

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017