Pangkalpinang (Antara Babel) - Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, terus mengembangkan budaya membaca kepada siswa yang ada di kota itu dengan melaksanakan lomba minat baca perpustakaan.

Wakil Wali Kota Pangkalpinang, M Sopian, Selasa, mengatakan lomba minat baca perpustakaan yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan tersebut bertujuan mengembangkan minat budaya baca dan untuk mempromosikan Kota Pangkalpinang.

"Selain membangun minat budaya baca kita, lomba ini juga untuk menumbuhkan kepribadian siswa dalam pelestarian warisan budaya bangsa," ujarnya.

Ia mengatakan, dengan lomba baca ini, tentunya dapat menumbuhkan keinginan membaca yang dalam arti luas merefleksikan pesan yang disampaikan melalui tulisan.

"Agama kita juga mengatakan Iqra yang artinya membaca atau baca. Semoga kegiatan ini bukan hanya seremonial tapi untuk menumbuhkan minat baca bagi anak-anak di Kota Pangkalpinang," ujarnya.

Menurut dia, jika anak-anak hobi membaca, maka pola pikirnya akan berbeda, memiliki wawasan dan pemahaman yang jauh lebih baik.

"Sebagai bukti minat baca di Pangkalpinang sudah mulai membaik adalah jumlah pembaca yang datang ke Perpustakaan Umum Kota Pangkalpinang dalam satu tahun sebanyak 22.122 orang," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017