Muntok, 23/10 (antarababel.com) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, sejak 2011 hingga 2015 pada sektor pertanian masih fokus pada pengembangan durian varietas unggul lokal yang diharapkan mampu menjadikan daerah itu sebagai sentra durian nasional.

     "Selain bantuan perluasan lahan, kami secara berkelanjutan juga membantu bibit durian varietas unggul lokal kepada kelompok tani maupun perorangan," ujar Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bangka Barat Saukani di Muntok, Rabu.

     Ia menjelaskan, pemerintah kabupaten sejak 2011 terus memperluas hamparan kebun durian di seluruh enam kecamatan di daerah itu karena memang secara tradisi masyarakat setempat sudah terbiasa menanam dan merawat buah bernilai ekonomi tinggi tersebut.

     Dia menambahkan, sejak 2011 dan direncanakan akan berlanjut hingga 2015 pemkab setempat menargetkan mampu membantu petani membuka lahan hamparan seluas 150 hektare disertai bantuan bibit unggul.

     Pada 2011, kata dia, pemkab berhasil membantu pembukaan hamparan seluas 30 hektare, kemudian pada 2012 seluas 25 hektare dan direncanakan pada tahun ini bisa membuka hamparan seluas 20 hektare yang akan diserta pemberian bantuan bibit varietas unggul lokal.

     "Kami sudah siapkan lebih dari 2.000 batang bibit unggul lokal seperti durian tembaga super, puteri dewa dan ada sebagian durian varietas unggul nasional yaitu namlung petaling," kata dia.

     Ia menambahkan, pada 2014 dan 2015 pemkab tetap akan mengusahakan untuk mendapatkan dana hibah dari pemerintah pusat untuk memenuhi target penambahan 75 hektare hamparan kebun durian.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Donatus Dasapurna Putranta


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013