Sungailiat (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan bantuan beasiswa bagi 500 siswa tingkat sekolah dasar dan menengah pertama dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Padli di Sungailiat, Selasa, mengatakan beasiswa bagi 500 siswa diberikan kepada 250 siswa tingkat Sekolah Dasar (SD) dan 250 siswa tingkat Sekolah Menegah Pertama (SMP).

"Setiap siswa penerima beasiswa mendapat bantuan dana sebesar Rp1,2 juta yang diserap oleh penerima persemester atau enam bulan sekali," katanya.

Pemerintah Kabupeten Bangka menyatakan bahwa pendidikan menjadi perhatian serius termasuk alokasi dana yang disediakan untuk mendorong kualitas pendidikan dari tingkat sekolah dasar sampai tingkat menengah atas.

"Dana beasiswa yang disalurkan bagi penerima bantuan itu bersumber dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) dimana penyalurannya melalui Bank BRI dan kantor pos," ujarnya.

Ia mengatakan penarikan dana beasiswa cukup mudah dan sederhana yakni hanya menunjukan kartu keluarga orang tua, kartu pelajar siswa dan Kartu Bangka Cerdas kepada pihak bank atau kantor pos.

"Memperingati hari pendidikan tidak hanya melaksanakan upacara namun lebih dimaknai dengan upaya peningkatan belajar mengajar baik di lembaga sekolah, lingkungan keluarga maupun lingkungan masyarakat," kata Padli.

Penetapan program Bangka Cerdas oleh pemerintah Kabupaten Bangka, kata dia, selaras dengan program pemerintah pusat dalam menerbitkan kartu Indonesia Pintar (KIP), dimana program ini memberikan pemerataan kemudahan pendidikan melalui beasiswa dari tingkat desa sampai perkotaan.

"Melalui berbagai program pendidikan, pemerintah berharap tidak ada lagi masyarakat atau anak yang putus sekolah," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017