Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Kerantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas I Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar bersih Pantai Pasir Padi, guna mendorong kesadaran masyarakat menjaga lingkungan di kawasan objek wisata daerah itu.

"Kami memilih bersih Pantai Pasir Padi,  karena pusat merupakan objek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan lokal, nusantara dan mancanegara," kata Kepala BKIPM Kelas I Pangkalpinang, Nandang Koswara di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan kegiatan bersih Pantai Pasir Padi Pangkalpinang ini dengan melibatkan masyarakat sekitar lingkungan pantai ini, dalam rangka Bulan Bakti Karantina Ikan dan Mutu Hasil Perikanan serta Pelayanan Publik Tahun 2017 yang sudah berlangsung pada 20 April dan berakhir 19 Mei tahun ini bertemakan "Gerakan Masyarakat Sadar Mutu dan Karantina Dalam Mewujudkan Kedaulatan Kelautan dan Perikanan Berkelanjutan.

"Dengan adanya kegiatan ini dalam memotivasi dan memberikan contoh kepada masyarakat dan wisatawan untuk menjaga kebersihan lingkungan pantai," ujarnya.

Kegiatan bulan bakti karantina tahun ini, kata dia pihaknya juga mengelar pemeriksaan kesehatan ikan, guna membantu masyarakat  mengembangkan usaha budidaya perikanan.

"Saat ini petugas sudah turun ke kolam-kolam ikan masyarakat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan ikan peliharaan, sekaligus menyosialisasikan tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan penanganan penyakit ikan peliharaannya," ujarnya.

Ia berharap dengan adanya kegiatan bersih pantai dan pemeriksaan kesehatan ikan budidaya ini, dapat meningkatkan pemahaman masyarakat dalam menjaga kualitas dan mutu hasil perikanan di daerah ini.

"Kami mengimbau masyarakat untuk selalu menjaga dan meningkatkan kualitas dan mutu, agar hasil perikanan dapat bersaing di pasar global," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017