Jakarta (Antara Babel) - Kementerian Agama mengonfirmasi persiapan Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN) III di Bumi Perkemahan Selawang Segantang Koba, Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung sudah siap 85 persen.

"Persiapan sudah 85 persen dari berbagai aspek," kata Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah M Nur Kholis dalam jumpa pers di kantornya, Jakarta, Selasa.

Persiapan itu, kata dia, meliputi lokasi perkemahan, akomodasi dan lainnya termasuk koordinasi lintas sektor. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah faktor pengawasan keselamatan peserta perkemahan pramuka karena lokasi bumi perkemahan dekat dengan pantai.

"Lokasi adalah bekas lapangan golf dekat pantai. Karena pantai jangan sampai peserta Pramuka lepas pengawasan hingga nanti ada yang tenggelam," kata dia.

PPMN III itu sendiri akan digelar di Bangka Tengah pada 14-20 Mei 2017. Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kamaruddin Amin mengatakan PPMN III menjadi salah satu program strategis Kemenag dalam menginternalisasi nilai-nilai kepramukaan di kalangan pelajar madrasah.

Nantinya, lewat perkemahan itu akan memunculkan jiwa cinta Tanah Air bagi para peserta kepanduan. Cinta Tanah Air perlu terus dipromosikan seiring gempuran ideologi lintas bangsa ke Indonesia yang sifatnya negatif. Terdapat ideologi transnasional yang berpotensi merongrong persatuan dan kesatuan bangsa.

Lewat PPMN III, kata dia, diharapkan nilai-nilai ke-Indonesiaan dapat tersebar ke 800 lebih Pramuka penegak siswa madrasah aliyah dari 34 provinsi di seluruh Indonesia. Selanjutnya, mereka akan menjadi agen penyebar cinta Tanah Air ke lingkungan di sekitar mereka sekembalinya dari PPMN III.

Perkemahan bertema "Kreatif, Terampil dan Berkarakter" itu, lanjut dia, mengagendakan penanaman nilai dan karakter jujur, setia kawan, patroitik serta cinta Tanah Air.

Sejumlah aktivitas internalisasi tema PPMN III akan diadakan di dalam perkemahan di antaranya talkshow wawasan kebangsaan, lomba bercerita tentang jasa pahlawan Islam Indonesia, pionering aplikatif budaya Nusantara, lomba pembuatan film, pemecahan rekor MURI tentang pantun Melayu Talibun, karnaval budaya, outing kebangsaan, ikrar Pramuka madrasah cinta NKRI dan bakti sosial.

PPMN III sendiri didahului PPMN I di Magelang tahun 2015 dan PPMN II di Maluku (2016). Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin rencananya akan membuka kegiatan itu pada 16 Mei 2017.

Pewarta: Anom Prihantoro

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017