Pangkalpinang (Antara Babel) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pangkalbalam Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berharap Pelindo mempercepat rehabilitasi gedung terminal penumpang kapal, demi kelancaran arus mudik Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriyah di pelabuhan itu.

"Kami berharap rehabilitasi terminal calon penumpang kapal laut ini selesai sebelum H-15 Hari Raya Idul Fitri," kata Plh Kepala KSOP Pangkalbalam, Hasoloan Siregar di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mendukung  PT Pelindo II Pangkalbalam merehabilitasi dan merenovasi sarana serta prasana di terminal pelabuhan, seperti ruang tunggu, tempat ibadah, air bersih dan fasilitas pendukung lainnya, agar calon penumpang aman, nyaman dan tertib menunggu jadwal keberangkatan di terminal pelabuhan itu.

"Kami mendukung upaya Pelindo dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, karena langkah ini dapat meningkatkan calon penumpang kapal laut di pelabuhan ini," ujarnya.

Untuk itu, kata dia diharapkan Pelindo untuk mempercepat pekerjaan rehabilitasi terminal penumpang ini. Jangan sampai rehabilitasi ini mengganggu kenyamanan dan keamanan calon penumpang selama arus mudik lebaran ini.

"Kami memperkirakan calon penumpang kapal selama arus mudik akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan hari-hari biasanya," ujarnya.

Dalam menghadapi arus mudik tahun ini, kata dia pihaknya telah menyiapkan tujuh unit kapal penumpang jenis ro-ro dan satu unit kapal cepat.

"Kapal yang disiagakan untuk mengangkut calon penumpang kapal sudah memadai, namun demikian apabila terjadi lonjakan dan penumpukan calon penumpang kapal di terminal, maka pihaknya akan menambah armada kapal penumpang tersebut," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017