Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar pasar murah di Kecamatan Muntok untuk menjaga ketersediaan sejumlah bahan kebutuhan pokok masyarakat.

"Pasar murah yang digelar di halaman kantor Camat Muntok kami harapkan mampu menjaga ketersediaan sembilan bahan pokok jelang puasa Ramadhan 1438 Hijriah," kata Kepala Bidang Informatika Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bangka Barat, Henry Een Firsanto di Muntok, Rabu.

Ia menerangkan, pasar murah digelar atas kerja sama Pemkab Bangka Barat dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan sejumlah distributor bahan kebutuhan pokok itu berlangsung sejak pagi.

"Kami berharap melalui kegiatan itu bisa menjaga stok, kelancaran distribusi dan stabilisasi harga barang kebutuhan pokok masyarakat, terutama pada saat menjelang puasa dan Idul Fitri," katanya.

Pasar murah berlangsung selama satu hari dan mendapatkan antusiasme dari masyarakat setempat karena barang yang dijual cukup murah sesuai harga distributor.

Harga barang kebutuhan pokok yang dijual, antara lain  beras RM lima kilogram dijual dengan harga Rp53.000, beras merk Sendok Rp48.000 per lima kilogram, minyak goreng Fortune Rp11.000 per liter, tepung terigu Segitiga Biru Rp8.000 per kilogram, gula PSM Rp12.500 per kilogram, gula Bulog Rp12.000 per kilogram.

Selanjutnya, bawang putih Rp40.000 per kilogram, bawang merah Jawa Rp25.000 per kilogram, bawang merah Pakistan Rp10.000 per kilogram, bawang merah Padang Rp20.000 per kilogram, dan kentang Rp12.000 per kilogram.

Selain di Muntok, kegiatan pasar murah dari Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, dan Perindustrian Kabupaten Bangka Barat, rencananya akan dilaksanakan di seluruh kecamatan mulai H-3 sampai H-1 pada bulan puasa Ramadhan 1438 Hijriah.

"Kegiatan itu merupakan salah satu bentuk keseriusan pemerintah dalam menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan kebutuhan pokok jelang hari raya yang diharapkan mampu meringankan beban masyarakat," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017