Koba (Antara Babel) - Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki komitmen yang kuat untuk menyejahterakan masyarakat.

"Seluruh kepala desa yang tergabung dalam Apdesi fokus menjalankan program pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan," kata Ketua Apdesi Bangka Tengah, Munzilin di Koba, Kamis.

Ia menjelaskan, program pemberdayaan masyarakat yang sedang dijalankan pemerintah desa yaitu pelatihan kewirausahaan agar masyarakat bisa berdikari dan mandiri.

"Masyarakat harus terus diberdayakan, memiliki keterampilan dan usaha agar bisa mandiri dan sejahtera," katanya.

Selain itu, kata dia, pemerintah desa terus membenahi tata kelola pemerintahan dalam rangka menjadikan desa yang profesional, maju dan mandiri.

"Program strategis desa adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat, apalagi saat ini 70 persen anggaran desa untuk kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Menurut dia, desa yang dianggap berhasil itu apabila mampu menggali sumber daya alam dan membina sumber daya manusia yang ada di desa.

"Desa itu harus mandiri, masyarakatnya juga harus kreatif, inisiatif dan berinovatif. Itu satu dari tolok ukur masyarakat desa yang sejahtera," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017