Koba (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan lahan seluas 7.000 hektare untuk pembangunan pelabuhan laut internasional.

"Ini sudah disetujui oleh kementerian terkait untuk pembangunan pelabuhan baru," kata Plt Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh di Koba, Kamis.

Ia menjelaskan, pembangunan pelabuhan laut internasional tersebut lokasinya ditetapkan di kawasan Batu Beriga, Kecamatan Lubuk Besar dimana saat ini sedang dalam proses Amdal dan pembebasan lahan.

"Sebagian areal untuk pembangunan pelabuhan tersebut masuk dalam kawasan, ini butuh proses untuk pembebasannya," ujarnya.

Namun Ibnu optimistis pembangunan pelabuhan internasional tersebut segera direalisasikan karena sudah mendapat dukungan dari pihak kementerian.

"Tentu pembangunannya tidak membutuhkan waktu singkat tetapi bisa beberapa tahun dengan pola pembangunan bertahap," ujarnya.

Ia mengatakan, pembangunan pelabuhan internasional di Batu Beriga cukup strategis karena daerah tersebut memang akan diproyeksikan menjadi kawasan industri dan perdagangan.

"Pelabuhan internasional ini berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017