Pangkalpinang (Antara Babel) - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman meminta pedagang jajanan berbuka puasa tidak berjualan di atas trotoar karena akan mengganggu ketertiban umum.

"Kami berharap pedagang musiman mematuhi peraturan dan berjualan di tempat yang telah disediakan," kata Erzaldi Rosman di Pangkalpinang, Selasa.

Hasil pemantauan, kata dia, masih banyak pedagang yang berjualan di atas trotoar di sejumlah pasar tradisional, jalan-jalan protokol sehingga mengganggu kenyamanan pejalan kaki.

Tidak hanya itu, berjualan di tempat-tempat fasilitas umum juga memicu kemacetan dan rawan terjadi kecelakaan lalu lintas.

"Jika pedagang berjualan di tempat yang disediakan, tentu konsumen lebih tenang dan senang berbelanja yang pada akhirnya menguntungkan pedagang," ujarnya.

Menurut dia, saat ini banyak warga memanfaatkan bulan puasa untuk berjualan berbagai makanan berbuka puasa, sehingga dapat meningkatkan ekonomi daerah dan pendapatan pedagang musiman ini.

"Kami mendukung masyarakat berjualan beraneka makanan berbuka puasa ini, namun diharapkan masyarakat ikut menjaga ketertiban umum," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, diharapkan pedagang musiman tidak berjualan di trotoar dan fasilitas umum lainnya untuk menjaga keamanan, kenyamanan dan keindahan.

"Jika kondisi pasar semerawut dan macet, tentu konsumen akan malas untuk berbelanja pada akhirnya merugikan pedagang itu sendiri," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017