Pangkalpinang (Antara Babel) - Ulama dari Palestina berbagi ilmu cara menghafal Al Quran kepada siswa-siswi dan mahasiswa di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai bentuk pembelajaran kitab suci pada Ramadhan 1438 Hijriyah.

"Dalam kesempatan kali ini kami mengajarkan cara menghafal Al Quran ala masyarakat Gaza Palestina sehingga diharapkan mampu memotivasi pelajar dan mahasiswa untuk lebih memahami Al Quran," kata Syaikh Mohammed Alarja saat mengisi Safari Ramadhan di SMK Negeri 2 Pangkalpinang, Jumat.

Ia menerangkan, para ulama di Gaza yang tergabung dalam organisasi Darul Quran telah menyusun metode atau tahapan menghafal Al quran agar mudah dipahami bagi para calon siswa.

"Tahapan pertama yang dilakukan oleh calon siswa adalah dengan memantapkan komitmen untuk bersungguh-sungguh menghafal Al Quran karena Allah SWT," ujarnya.

Ia menambahkan, calon siswa harus mampu meninggalkan kemaksiatan dan menjalankan segala kewajiban agama sehingga dapat memberikan kemudahan dalam menghafal Al Quran.

"Calon siswa harus memiliki sikap dan akhlak yang baik untuk mempermudah menghafal Al Quran," ujarnya.

Menurut Syaikh Mohammed Alarja menghafal Al Quran dapat dilakukan dengan mengulang-ulang bacaan Al Quran sembari mempelajari terjemahan ayat untuk menguatkan memori dan ingatan.

"Apabila siswa dapat menghafal beberapa ayat maka dapat dipraktikkan di hadapan guru atau mentor agar dievaluasi, sehingga hafalan dapat baik dan benar," katanya.

Ia mengatakan siswa juga didorong agar sering mendengarkan para Hafiz Al Quran melalui media rekaman untuk memotivasi dan membimbing diri supaya program menghafal dapat berjalan dengan baik. 

Pewarta: Mahendra

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017