Pangkalpinang (Antara Babel) - PT PLN Wilayah Bangka Belitung menyiagakan 430 petugas untuk menjaga keandalan pasokan listrik selama Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Dalam mengerjakan tugas ini seluruh personel sebanyak 430 orang itu dilengkapi dengan sarana pendukung lengkap. Mereka tersebar di 17 posko siaga di Bangka dan Belitung," kata Deputi Manajer Humas dan Hukum PLN Wilayah Babel, Agus Yuswanta di Pangkalpinang, Rabu.

Dia mengatakan, beban puncak listrik PLN Babel saat Idul Fitri 2016 pada sistem Bangka sebesar 120 MW dan Belitung 27 MW. Maka diprediksi beban puncak saat Idul Fitri 1438 H tahun 2017 ini pada sistem Bangka sebesar 135 MW dan sistem Belitung sebesar 39 MW. Beban puncak cenderung turun karena sejak H-3 perkantoran dan sebagian pelanggan bisnis sudah mulai libur.

"Menjelang lebaran PLN tidak akan melakukan pemeliharaan rutin jaringan yang memerlukan penghentian sementara aliran listrik sejak 15 Juni kemarin hingga 5 Juli mendatang. Apabila terjadi padam, maka dipastikan hal tersebut karena adanya gangguan. Oleh sebab itu segera hubungi layanan 24 jam PLN Contact Center (0717)123, website www.pln.co.id, atau kunjungi posko layanan PLN terdekat yang siaga 24 jam," ujarnya.

Sedangkan untuk mempercepat pemulihan apabila terjadi gangguan aliran listrik PLN menyiapkan posko layanan yang tersebar disembilan kabupaten/kota meliputi posko distribution control center Bangka dan Belitung, posko rayon Pangkalpinang, Sungailiat, Muntok, Koba, Toboali, Tanjung Pandan dan Manggar.

"PLN menyiapkan sarana pendukung lainnya berupa 27 unit kendaraan pelayanan teknik, delapan unit trafo mobil, dua unit mobil genset dan beragam genset berkekuatan mulai dari 1-125 kVA," katanya.

Agus menyebutkan, untuk lokasi-lokasi yang akan menjadi prioritas jaringan di antaranya yaitu instalasi vital meliputi rumah dinas Gubernur, rumah dinas Bupati/Wali Kota, kantor instalasi Militer dan Polri, kantor Pemda, Rumah Sakit.

Sedangkan untuk pusat transportasi meliputi Bandara Depati Amir, Pelabuhan Pangkalbalam, Pelabuhan Tanjung Kalian, Teminal Selindung, Bandara HAS Hanandjoedin, Pelabuhan Tanjungpandan dan Terminal Tanjungpandan serta tempat ibadah lokasi Salat Idul Fitri.

"Sementara untuk pusat keramaian dan hiburan meliputi Alun-alun Taman Merdeka, Pasir Padi, Parai, Tanjung Pesona, Tanjungpendam dan Lapangan Merdeka," ujarnya.

Dikatakannya, dalam menyambut lebaran Idul FItri, PLN Juga menyediakan posko mudik bagi warga masyarakat yang sedang dalam perjalanan mudik.

"Di posko mudik ini warga bisa menikmati takjil gratis, minum, charger, istirahat, sholat dan televisi. Bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan mudik dapat mampir ke posko yang beralamat di jalan tanjung kalian, Mentok, Bangka Barat," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017