Merak (Antara Babel) - Pelabuhan penyeberangan Merak, Banten, pada Rabu mulai ramai pemudik yang hendak menuju Pulau Sumatera, baik yang tanpa kendaraan pribadi maupun yang berkendaraan pribadi.

Berdasarkan pantauan Rabu malam, para pemudik yang menyeberang menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung melalui Pelabuhan Merak pada H-4 meningkat signifikan dibandingkan hari sebelumnya.

Mereka pemudik lebaran malam ini penumpang pejalan kaki terus berdatangan menuju kapal Ro-Ro yang bersandar di Pelabuhan Merak.

Bahkan, penumpang pejalan kaki mengantre di loket penjualan karcis.

Setelah itu mereka memadati gang way untuk naik kapal yang ada di dermaga I hingga V.

Begitu juga antrean kendaraan di kantong-kantong parkir hingga dermaga pelabuhan terlihat padat.

Antrean kendaraan terjadi di dermaga Pelabuhan Merak sambil menunggu keberangkatan penyeberangan menuju Pelabuhan Bakauheni.

"Kepadatan kendaraan terjadi sekitar pukul 20.00 WIB dan hingga kini mengantre untuk menunggu kegiatan bongkar-muat kapal agar bisa diseberangkan ke Pulau Sumatra," kata Samsudin, seorang petugas pengatur lalu lintas di Pelabuhan Merak.

Menurut dia, diperkirakan malam ini sampai dini hari akan terjadi lonjakan penumpang pejalan kaki dan penumpang di atas kendaraan.

Sebab, perayaan Idul Fitri sudah mendekat dan dipastikan puncak arus mudik terjadi H-3,Kamis (22/6) dan H-2,Jumat (23/6).

Diperkirakan ratusan ribu pemudik pada H-4 akan memadati Pelabuhan Merak untuk menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Meski terjadi peningkatan penumpang pejalan kaki maupun kedaraan pribadi,tetapi arus lalu lintas berjalan lancar.

"Kami bekerja keras untuk mengatur kendaraan yang hendak naik ke atas kapal agar tidak terjadi antrean dan kemacetan," katanya.

Kepala Bagian Operasi Polres Kota Cilegon, Kompol Sujatna mengatakan antrean kendaraan akan terjadi dini hari ini karena saat ini para pemudik masih dalam perjalanan.

Biasanya, penumpang pemudik lebaran tiba di Pelabuhan Merak secara bersamaan sehingga terjadi penumpukan penumpang dan kepadatan kendaraan.

"Kami akan melakukan rekayasa jika terjadi kemacetan maupun kepadatan kendaraan di Pelabuhan Merak," katanya.

Pada H-4 Lebaran, jumlah pemudik yang menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni melalui Pelabuhan Merak, Banten terus mengalami peningkatan hingga 84.239 pemudik dengan mengoperasikan 34 kapal Ro-Ro.

Dari data di Posko PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, per pukul 08.00 WIB, Selasa (20/6/2017) hingga pukul 08.00 WIB, Rabu (21/6), penumpang pejalan kaki jumlahnya mencapai 13.520 orang.

Sedangkan penumpang di atas kendaraan mencapai 70.719 orang. Kendaraan roda 4 yang menyeberang sebanyak 9.945 unit dan kendaraan roda dua 5.467 unit.

"Kami yakin malam ini sampai dini hari akan terjadi peningkatan penumpang yang signifikan dibandingkan H-5," katanya.

Pewarta: Mansyur

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017