Pangkalpinang (Antara Babel) - Perum Jamkrindo bersama PT Sucofindo mengelar kegiatan "BUMN Hadir untuk Negeri" di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai komitmen BUMN untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah itu.

"Program ini wujud nyata peran Perum Jamkrindo sebagai perusahaan BUMN di masyarakat," kata Direktur Keuangan, Investasi, dan Manajemen Risiko Perum Jamkrindo Risiko, I Rusdonobanu pada acara pisah sambut peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2017 di Pangkalpinang, Senin malam.

Ia menjelaskan salah satu program yang baru saja selesai dilaksanakan adalah kegiatan SMN. Di samping itu nanti juga dilaksanakan kegiatan bedah rumah veteran, jalan sehat, dan upacara bendera pada 17 Agustus.

"Melalui kegiatan ini para peserta maupun pemangku kepentingan diharapkan akan memiliki pandangan yang baik tentang Kementerian BUMN dan seluruh BUMN Indonesia yang telah berperan dalam meningkatkan kesejahteraan bangsa melalui kerja nyata yang berdampak secara langsung bagi masyarakat," katanya.

Ia mengatakan Perum Jamkrindo sebagai satu-satunya BUMN yang bergerak dalam bisnis penjaminan kredit bagi UMKM dan koperasi secara rutin melaksanakan program BUMN Hadir untuk Negeri sejak tahun 2015. Pada tahun-tahun sebelumnya Perum Jamkrindo melaksanakan kegiatan ini di Aceh, Palu, Sulawesi Tengah, dan kini di Kepulauan Bangka Belitung.

"Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI tahun 2017 yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan difasilitasi oleh seluruh BUMN yang memilliki wilayah kerja di 34 provinsi se-Indonesia. Kegiatan ini juga didukung oleh pemerintah daerah, khususnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bangka Belitung," ujarnya.

Rusdono mengatakan kegiatan ini menjadi bagian dalam membangun pemahaman para pemangku kepentingan (stakeholders) mengenai peran BUMN sebagai agen pembangunan untuk turut serta membangun negeri.

Kepala Divisi Akuntasi dan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Diana Mayawati mengatakan dalam program SMN tahun ini Perum Jamkrindo dan Sucofindo bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bangka Belitung memberangkatkan 20 pelajar ke Provinsi Jawa Barat. Pada saat yang sama Provinsi Bangka Belitung juga menerima kedatangan 25 pelajar dari Jawa Barat.

Pelaksana program SMN di Bangka Belitung adalah Perum Jamkrindo dan PT Sucofindo, sementara pelaksana di Jawa Barat adalah PT Bank Mandiri, PT Bio Farma, PT Jasa Tirta II, dan PTPN VIII.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya menumbuhkan dan memupuk rasa kebanggaan berbangsa dan bertanah air kepada seluruh masyarakat di seluruh pelosok negeri," ujarnya.

Ia berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa kebanggaan bagi putra-putri bangsa sehingga ke depan Indonesia mampu tegak berdiri sebagai NKRI dengan keragaman budaya, bahasa daerah, dan suku bangsa.

"Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menanamkan rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki keberagaman dan kekayaan Nusantara sebagai wujud nyata peran BUMN di masyarakat," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017