Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan bantuan sebesar Rp90.573.383 untuk pemulihan musibah banjir di Pulau Belitung.

"Bantuan yang kami salurkan dalam bentuk cek dan bantuan ini khusus untuk penanganan kesehatan warga yang menjadi korban banjir," kata Kepala BPBD Babel, Najamudin di Pangkalpinang, Kamis.

Najamuddin menjelaskan, bantuan tersebut khusus disalurkan untuk penanggulangan banjir di Belitung Timur. Sebelumnya BPBD Provinsi Babel sudah menyalurkan dana tanggap darurat dan sumbangan bencana banjir sebesar Rp580.334.500.

Sumbangan disalurkan dalam dua tahap, tahap pertama senilai Rp288.270.000 dan tahap ke dua sebesar Rp262.977.500.

"Jadi total bantuan sebesar Rp670.907.883, di dalamnya ada sumbangan dari pegawai Pemprov. Bantuan kali ini untuk operasional posko, BBM, uang makan dan untuk para relawan," ujarnya.

Ia berharap Pemkab Beltim nantinya segera memiliki BPBD. Menurutnya penanganan bencana akan lebih mudah jika BPBD sudah terbentuk.

"Yang jelas lebih mudah untuk berkoordinasi. Kita memiliki perpanjangan tangan di Kabupaten, cukup sulit untuk turun langsung ke lapangan jika kita tidak tahu kondisinya," katanya.

Selain itu, kata dia, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga menyalurkan bantuan yang langsung disalurkan ke Kabupaten/kota tanpa harus melewati provinsi.

"Pemprov Babel tetap berkomitmen membantu memulihkan Pulau Belitung yang mengalami banyak kerugian pasca bencana," ujarnya.


Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017