Pangkalpinang (Antara Babel) - Pemerintah Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar pasar murah sebagai upaya membantu masyarakat memenuhi kebutuhan menjelang perayaan Idul Adha 1438 Hijriyah.

"Kami bekerja sama dengan Disperindag Kepulauan Babel menggelar pasar murah sebagai upaya membantu masyarakat memenuhi kebutuhan menjelang perayaan Idul Adha 1438 H," kata Kabid Perdagangan Dalam dan Luar Negeri Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kota Pangkalpinang Eka Subehi di Pangkalpinang, Senin.

Ia menerangkan kegiatan pasar murah merupakan upaya Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kota Pangkalpinang dalam menstabilkan harga berbagai macam bahan pokok di pasaran menjelang Idul Adha.

"Kegiatan kali ini digelar oleh Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Pangkalpinang sebagai pasar murah untuk yang terakhir kali dalam upaya persiapan menyambut Idul Adha dan merencanakan kegiatan serupa pada September mendatang bertepatan dengan HUT Kota Pangkalpinang," ujarnya.

Menurut Eka, pasar murah diikuti oleh kurang lebih delapan tenda dari distributor bahan pokok di Kota Pangkalpinang seperti pedagang bumbu dapur, gula, minyak goreng, beras dan daging beku.

"Para distributor bahan pokok di Kota Pangkalpinang menjual beras dengan harga Rp115.000 per-10 kilogram, minyak goreng Rp10.500 perliter, bawang merah dan putih Rp20.000 perkilogram," terangnya.

Selain itu, distributor dalam pasar murah juga menjual cabe merah besar dengan harga Rp15.000 perenam ons, daging sapi beku Rp92.000 perkilogram dan gula pasir Rp12.000 perkilogram.

Ia mengatakan berdasarkan pemantauan terakhir di beberapa pusat perbelanjaan di Kota Pangkalpinang menyatakan harga bahan pokok masih tergolong stabil mendekati perayaan Idul Adha 1438 H.

"Kenaikan harga hanya terjadi di komoditas daging sapi dari kisaran Rp110.000 perkilogram sampai Rp115.000 perkilogram pada hari biasa menjadi Rp120.000 perkilogram," katanya.

Pewarta: Mahendra

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017