Sungailiat (Antara Babel) - Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Tarmizi mengajak umat Islam yang mampu untuk berkurban pada Hari Raya Idul Adha.

"Saya mengajak umat Islam yang memiliki kemampuan ekonomi untuk mengarahkan sebagian hartanya untuk hewan kurban yang dagingnya dibagikan kepada umat yang berhak menerimanya," katanya di Sungailiat, Rabu.

Mengeluarkan sebagian hartanya untuk berkurban merupakan salah satu wujud menjalankan ibadah sesuai yang diajarkan dalam agama Islam.

"Orang yang berkurban adalah orang yang berusaha mendekatkan dirinya dengan Allah SWT sekaligus dengan sesama manusia," katanya.

Dia mengatakan, menyembelih hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha adalah juga untuk menghidupkan salah satu sunnah yang dicontohkan oleh Nabiyullah Ibrahim AS yang mendapatkan perintah melalui mimpi untuk menyembelih anaknya yang sangat dicintainya, yaitu Nabiyullah Ismail AS. Dan karena ketundukkannya kemudian Allah menggantikan dirinya dengan menyembelih seekor domba dan hal ini yang terus berlanjut sampai akhir zaman.

"Bagi umat Islam yang mampu, minimal satu ekor kambing dikorbankan melalui pengurus masjid terdekat untuk disembelih," kata bupati.

Dia mengingatkan, agar hewan kurban baik sapi maupun kambing yang akan disembelih dinyatakan benar-benar dalam kondisi sehat serta layak dipotong.

"Jangan mengkurbankan hewan dalam kondisi sakit karena dalam aturannya dilarang memotong hewan kurban dalam kondisi sakit," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017