Pangkalpinang (Antara Babel) - Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menyalurkan bantuan benih padi bersertifikat  tahan terhadap hama tanaman, untuk meningkatkan produksi padi petani di daerah itu.

"Dalam waktu dekat ini kita akan salurkan bantuan benih berkualitas ini kepada kelompok petani sawah di daerah ini," kata Kepala Dinas Pertanian Kepulauan Babel Toni Batubara di Pangkalpinang, Rabu.

Ia menjelaskan dana bantuan benih padi bersertifikat ini berasal dari APBD tahun ini, dalam upaya pemerintah daerah meningkatkan hasil gabah giling kering dan kesejahteraan petani di daerah ini.

Selain itu, bantuan benih berkualitas tinggi ini sebagai antisipasi serangan hama tanaman padi seperti wereng, welas, tikus dan hama lainnya yang akan merugikan petani di daerah ini.

"Benih yang akan disalurkan ini sudah teruji dan tahan terhadap serangan hama pengganggu tanaman," kata Toni tanpa menyebutkan besaran dana bantuan dan jumlah benih padi bersertifikat tersebut.

Ia mengatakan bantuan benih bersertifikat ini sesuai permintaan dan akan disalurkan kepada kelompok tani di Kabupaten Bangka Selatan dan Belitung, sementara petani sawah di kabupaten lainnya belum mendapatkan bantuan benih tersebut.

"Bantuan ini sesuai dengan permintaan petani dalam meningkatkan usaha pertanian dan produksi padinya," ujarnya.

Namun demikian, kata dia bagi petani yang belum mendapatkan bantuan diimbau untuk menggunakan benih padi bersertifikat, agar memperoleh hasil panen yang memuaskan.

"Kami berharap petani tidak menanam benih pad tidak berkualitas yang rentan terserang hama penyakit dan ini tentu akan merugikan petani mengingat biaya pengelolaan dan penanaman padi yang cukup besar," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017