Muntok (Antara Babel) - Ratusan warga Muntok, Kabupaten Bangka Barat, bergotong royong membersihkan sejumlah ruas jalan yang banyak terdapat pasir untuk mencegah kemungkinan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

"Banyaknya pasir di tengah dan pinggir jalan membahayakan pengguna jalan raya, terutama pengendara sepeda motor, kami berharap sumbangsih ini bisa mencegah terjadinya kecelakaan," kata Ketua Forum Peduli Menumbing, Hermansyah, di Muntok, Minggu.

Ia mengatakan kondisi sejumlah ruas jalan di Kota Muntok terdapat banyak tumpukan tanah cukup tebal, pasir berserakan, dan berlubang yang terdapat pada bagian tengah dan bagian pinggir ruas jalan.

Hal itu membuat pengguna jalan merasa tidak nyaman dan aman saat melintasinya serta rentan terjadi kecelakaan, bahkan di beberapa titik telah terjadi kecelakaan, terutama pengguna kendaraan roda dua.

"Awalnya kami lakukan pantauan dan pendataan di beberapa ruas jalan umum di Kota Muntok, setelah itu kami berkoordinasi dengan beberapa komunitas, kelompok masyarakat dan sekolah untuk melakukan kegiatan sosial itu," kata dia.

Setelah itu, kata dia, pada tahap pertama berhasil dilaksanakan selama dua hari berturut-turut bersama Koramil Muntok, Kantor Kecamatan Muntok, PDAM Sejiran Setason, PPM, RAPI, FKPPI, SMK Muhammadiyah Muntok, Pasukan Kuning Dinas LH, Damkar Unmet, SMA Negeri 1 Muntok, Komunitas Sekaput Alam dan lainnya.

"Sudah ada beberapa lokasi yang diberaihkan, dan kegiatan ini akan terus berlanjut hingga delapan kali pelaksanaan, sampai Oktober 2017," katanya.

Melalui kegiatan itu, diharapkan memberikan rasa nyaman, aman, dan upaya menghindarkan masyarakat dari kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh banyaknya pasir, tanah, dan lubang jalan.

Selain itu, kata dia, pola itu juga diharapkan mampu meningkatkan rasa peduli dan semangat kebersamaan dalam upaya  penggunaan fasilitas umum yang nyaman dan aman.

"Kami sebagai warga Muntok juga ingin memberikan sumbangsih dalam mendukung kepariwisataan daerah karena semakkn banyak wisatawan datang ke Muntok," katanya.

Melalui kegiatan itu, pihaknya juga ingin menumbuhkembangkan rasa peduli dan peran aktif dari seluruh elemen terhadap keamanan, kenyamanan, keselamatan bersama, khususnya di Muntok.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017