Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan membangun sebuah tugu berbentuk gasing sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat yang masih melestarikan budaya luhur tersebut.

"Tugu berbentuk gasing itu diharapkan mampu menjadi pengingat atau penanda bahwa daerah ini memang pusatnya gasing Nusantara," kata Wakil Bupati Bangka Barat, Markus di Muntok, Jumat.

Menurut dia, pegasing dari daerah itu sudah cukup lama malang melintang di dunia pergasingan, baik di tingkat regional, nasional bahkan hingga mancanegara.

Bahkan induk organisasi gasing, yaitu Persatuan Gasing Seluruh Indonesia (Pergasi), induknya ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan tokoh-tokoh organisasi tersebut banyak yang berasal dari Bangka Barat.

"Kami berikan apresiasi kepada para pegasing Bangka Barat yang mampu mengharumkan nama daerah sampai ke tingkat dunia, kami berharap prestasi itu terus ditingkatkan," kata dia.

Dengan adanya tugu gasing, dia berharap permainan tradisional itu semakin memasyarakat dan dimainkan seluruh kalangan.

Selain membangun tugu gasing, kata dia, pemkab akan mengusulkan permainan itu dimasukkan dalam kategori olahraga prestasi dan ditandingkan dalam pekan olahraga provinsi.

"Perlu dimasukkan dalam olahraga prestasi agar lebih terukur, sebagai langkah awal masuk dulu ke Porprov Babel, jika berhasil dilanjutkan perjuangan masuk ke pekan olahraga nasional," kata dia

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017