Muntok (Antara Babel) - Kelompok Kerja Wartawan Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan apresiasi positif terkait keterbukaan informasi yang diberikan Polres Bangka Barat di bawah kepemimpinan Kapolres AKBP Hendro Kusmayadi.

"Respons Kapolres dan jajaran perwira di Polres Bangka Barat cukup cepat dalam memberikan informasi, dalam hal kehumasan juga cukup baik dalam memberikan pelayanan kepada awak media. Kami berharap kerja sama antara Kepolisian dengan media ke depan semakin baik," kata Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan Kabupaten Bangka Barat, Husni di Muntok, Kamis.

Hal ini dikatakannya usai memberikan penghargaan berupa plakat "Pena Emas" dari Pokja Wartawan Bangka Barat kepada Kapolres Hendro Kusmayadi, di Mapolres Bangka Barat.

Menurut Husni, Kapolres dipilih sebagai pejabat publik yang layak mendapatkan plakat pena emas karena dinilai mampu memberikan pelayanan maksimal dalam hal keterbukaan informasi publik.

"Kapolres dan jajarannya selalu aktif memberikan informasi yang dibutuhkan seluruh awak media, semua media tidak dibeda-bedakan dan layak mendapatkan plakat bergengsi tersebut," katanya.

Penghargaan berupa plakat pena emas dari Pokja Wartawan Bangka Barat baru dua kali diberikan kepada pejabat publik selama tujuh tahun berdirinya kelompok kerja tersebut, pertama diberikan beberapa tahun lalu kepada Kapolda Babel Irjen M Rum Murkal atas prestasi respon cepat dalam menerima dan menindaklanjuti laporan masyarakat.

"Kami berharap ke depan sinergi antara media dengan kepolisian terus meningkat dalam memberikan informasi yang dibutuhkan media dan masyarakat," kata dia.

Selain keterbukaan informasi kepada para awak media, kata dia, Kapolres Hendro Kusmayadi juga dinilai cukup paham fasilitas yang dibutuhkan para wartawan, terbukti dengan dibangunnya ruang media lengkap dengan jaringan internet dan peralatan pendukungnya.

"Hari ini kami juga memberikan penghargaan khusus kepada Paur Humas Polres Bangka Barat Bripka Sri Iwan yang aktif menyampaikan informasi berupa rilis berita yang kami butuhkan," katanya.

Menurut Husni, seluruh anggota pokja memahami adanya keterbatasan informasi yang diberikan kepolisian karena prosedural atau kasus yang ditangani masih ada tahap-tahap dalam penyelidikan.

Menanggapi perhargaan yang diberikan Pokja Wartawan Bangka Barat, Kapolres AKBP Hendro Kusmayadi merasa bangga dan berjanji akan terus aktif dalam memberikan informasi kepada media.

Menurut mantan Kasubdit Tipikor Polda Babel tersebut diharapkan bisa memberikan motivasi lebih dalam melayanani, khususnya memberikan informasi yang dibutuhkan publik.

"Polri dan awak media merupakan mitra kerja sejajar, keduanya saling mengisi dan membutuhkan, kinerja polisi perlu dipublikasikan dan media membutuhkan informasi kinerja polisi," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017