Muntok (Antara Babel) - Sebanyak 69 orang calon anggota panitia pengawas pemilu kecamatan di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengikuti tes tertulis yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Muntok.

"Jumlah pendaftar 76 orang, tetapi yang hadir pada pelaksanaan tes tertulis hanya 69 orang," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Barat, Rio F Fahlevi di Muntok, Sabtu.

Meskipun jumlah peserta yang tidak hadir sebanyak tujuh orang, namun tidak menjadi permasalahan dan pihak panitia rekrutmen tetap melaksanakan tahapan tes tertulis untuk menjaring anggota panwaslu kecamatan yang akan mengawal pelaksanaan Pemilu 2019.

Ia menerangkan, pada pelaksanaan tes tertulis, sekitar pukul 09.00 WIB dilaksanakan acara serah terima soal dari Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kepada Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Barat.

"Setelah itu sekitar pukul 09.30 WIB kami memulai pelaksanaan tes tertulis hingga pukul 11.00 WIB, dilanjutkan dengan pemusnahan soal yang dihadiri perwakilan Bawaslu Babel, pihak kepolisian dan perwakilan peserta," kata dia.

Ia mengatakan, seluruh proses tes tertulis dilaksanakan sesuai prosedur dan tata pelaksanaan yang berlaku, bahkan petugas pengawas diambil dari pihak luar untuk menjaga kemurnian proses rekrutmen.

"Hal ini juga sebagai salah satu upaya kami untuk menjaring pengawas pemilu yang berintegritas," katanya.

Ia menambahkan, pihaknya masih membuka tanggapan dari masyarakat terhadap para calon anggota panwaslu kecamatan yang bisa disampaikan langsung ke Bawaslu Kabupaten Bangka Barat atau melalui surat elektronik.

"Kami menjamin kerahasiaan identitas bagi masyarakat yang memberikan masukan terkait para calon panwaslu kecamatan tersebut," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017