Toboali (Antara Babel) - Sebanyak 72 kabupaten/kota dari 34 provinsi se-Indonesia mengikuti kegiatan Kirab Pemuda Nusantara (KPN) yang dilaksanakan di Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, 9-11 November 2017.

"Kamis siang ini seluruh peserta sudah tiba di Toboali setelah bertemu dengan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung pada pagi harinya," kata Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bangka Selatan, Harris Setiawan di Toboali, Kamis (9/11).

Ia mengatakan selama kegiatan KPN para peserta akan diajak mengikuti "Fam Trip City Tour" Toboali serta makan malam bersama Bupati Bangka Selatan pada Kamis (9/11) malam.

"Kita akan mengajak para peserta berkeliling melihat potensi wisata dan alam yang ada di daerah ini," katanya.

Menurut dia KPN bersama Pawai Budaya akan dilaksanakan pada Jumat (10/11) pukul 07.00 WIB dengan garis start di Simpang YPK menuju Laut Nek Aji, Toboali.

"Pada hari itu juga sekaligus dilaksanakan Upacara Hari Pahlawan 2017, dilanjutkan dengan pembukaan acara, deklarasi, pameran serta pentas seni," ujarnya.

Harris menjelaskan usai sholat Jumat acara dilanjutkan dengan Pemuda Membaca Kitab Suci yang akan dilaksanakan di GOR Junjung Besaoh dan malam harinya dilanjutkan dengan pemilihan Bujang Dayang Basel 2017.

Selanjutnya pada Sabtu (11/11) pagi digelar olah raga bersama, bakti sosial, bersih-bersih di kawasan wisata Batu Belimbing serta ada Festival Band Indie, para peserta KPN juga akan mengunjungi objek wisata Desa Tukak, Tanjung Kerasak dan Pulau Tinggi.

Harris menyampaikan salah satu tujuan kirab ini adalah untuk memperkuat persatuan bangsa selain itu juga diharapkan membantu promosi potensi wisata daerah.

"Semoga dengan adanya kegiatan ini potensi wisata yang dimiliki daerah ini dapat berkembang dan kesejahteraan masyarakat semakin meningkat," ujarnya.

KPN 2017 diikuti pemuda terbaik hasil seleksi Kemenpora RI, dimana masing-masing provinsi akan diwakili satu orang laki-laki dan satu orang perempuan yang akan menjadi peserta inti.

Selain itu, kirab juga akan diikuti peserta yang berasal dari duta pemuda kreatif, pemuda pelopor, perwakilan pemuda berprestasi, mahasiswa/pelajar dan komunitas komunitas pemuda kreatif yang ada dari setiap daerah.

Pewarta: Juniardi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017