Muntok (Antara Babel) - Komite Olahraga Nasional Indonesia Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar pelatihan untuk meningkatkan kompetensi para pelatih olahraga di daerah itu.

"Pelatihan kami berikan kepada sebanyak 75 pelatih dan guru olahraga se-kabupaten yang digelar selama tiga hari. Kami berharap melalui kegiatan ini akan mampu menggenjot prestasi para atlet daerah," kata Ketua KONI Kabupaten Bangka Barat, Andri di Muntok, Sabtu.

Ia mengatakan pelatihan melibatkan pelatih dari semua cabang olahraga serta guru olahraga dengan maksud agar pengetahuan semakin luas dan meningkat sehingga bisa membina dan menciptakan atlet lebih berprestasi.

"Dengan pelatihan ini kami berharap ilmu yang didapat bisa diterapkan sehingga memperkuat tim Bangka Barat dalam menghadapi Porprov Babel 2018 di Kabupaten Bangka Tengah," kata dia.

Dalam kegiatan, para peserta yang dilatih pemateri dari Kemenpora itu diharapkan ilmu yang didapat bisa diterapkan guna menciptakan atlet handal.

Menurut dia, selama ini Bangka Barat tidak pernah kekurangan atlet andal, namun semuanya perlu ditingkatkan agar bisa menembus ke tingkat nasional.

Asisten Bupati Bangka Barat, Rozali, mengatakan daerah itu memerlukan kegiatan sejenis untuk menciptakan atlet andal yang bisa mengharumkan nama daerah melalui olahraga.

Selain pelatih, kata Rozali, peran guru olahraga juga cukup penting karena menjadi ujung tombak menciptakan atlet sejak usia dini.

"Bangka Barat selama ini  d terkenal sebagai pengader atlet cabang atletik, kami berharap ke depan akan semakin banyak cabang olahraga yang bisa lebih berprestasi," kata dia.

Pemkab menyambut baik pelatihan yang baru kali pertama digelar, ia berharap ke depan akan semakin sering dilaksanakan dalam upaya meningkatkan prestasi atlet olahraga lokal.

"Dukungan ini tidak lepas dari keseriusan pemerintah daerah dalam upaya memajukan prestasi olahraga," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017