Pangkalpinang (Antara Babel) - Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional 2017 yang bertujuan untuk memelihara nilai-nilai kesetiakawanan sosial di kota itu.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Pangkalpinang, Fitriansyah, Senin, mengatakan selain memelihara nilai-nilai kesetiakawanan sosial, peringatan HKN ini juga untuk meningkatkan partisipasi mulai dari pemerintah, masyarakat serta dunia usaha untuk peduli menjaga nilai-nilai kepedulian dan kegotongroyongan.

"Dalam kegiatan ini kami juga secara bersama-sama membantu masyarakat yang tidak mampu, terlebih masyarakat yang kurang beruntung termasuk para penyandang cacat berupa pemberian bantuan sosial," katanya.

Dalam kegiatan tersebut, pihaknya memberikan penghargaan kepada pilar-pilar sosial Kota Pangkalpinang seperti Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK), Tenaga Sosial Masyarakat (TSM) serta Lembaga Kerja Sosial (LKS).

"Lembaga kerja sosial ini meliputi panti asuhan serta lembaga-lembaga sosial lainnya, di mana mereka setiap tahunnya dilakukan penilaian prestasi oleh Kementerian Sosial. Sebelumnya penilaian prestasi tersebut terlebih dahulu dimulai dari tingkat provinsi maupun tingkat nasional," katanya.

Fitriansyah mengatakan, saat ini kepedulian masyarakat di Kota Pangkalpinang masih cukup bagus, hanya saja perlu ditingkatkan dan harus dijaga nilai kesetiakawananya.

"Jangan sampai nilai-nilai ini luntur seiring dengan berkembangnya teknologi informasi terhadap masyarakat yang heterogen," ujarnya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017