Toboali (Antara Babel) - Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengajak semua pihak ikut mengawasi jalannya Pemilu 2019.

"Ini sangat penting agar para pemangku kepentingan mengetahui tata cara melakukan pengawasan," kata Ketua Panwaslu Kabupaten Bangka Selatan Sahirin di Toboali, Senin.

Ia mengatakan ada banyak bentuk partisipasi masyarakat dalam melakukan pengawasan yang dilakukan mulai dari tahapan pemilu, proses pemilu hingga penetapan pemenangnya.

"Sebelum melakukan penindakan, kita terlebih dahulu melakukan pengawasan dan pencegahan," katanya.

Sahirin mengatakan sebelum melakukan rapat koordinasi dengan para pemangku kepentingan pihaknya juga sudah melakukan rapat dengan lembaga swadaya masyarakat dan tokoh masyarakat serta instansi pemerintah daerah, guna meningkatkan koordinasi dan sinergitas mengawasi pemilu tahun depan.

"Koordinasi terus dilakukan dengan semua pihak agar pelaksanaan pemilu bisa berjalan lancar dan tertib," kata dia.

Mantan anggota DPRD Bangka Selatan Yandi mengatakan berbagai pelangaran termasuk ptaktik politik uang terjadi karena kurangnya pengawasan.

"Kalau adanya pengawasan tentu tidak terjadi pelanggaran seperti politik uang dan lainnya. Semoga pemilu ke depan kejadian seperti itu tidak terjadi lagi," harapnya.

Pewarta: Juniardi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017