Pangkalpinang  (Antara Babel) - Distributor cabai merah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menambah stok 12 ton, guna mengantisipasi lonjakan permintaan menjelang perayaan Natal 2017.

"Saat ini stok cabai merah besar cukup dan harga masih bertahan stabil," kata Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Provinsi Kepulauan Babel, Riza Aryani di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan 12 ton cabai merah besar tersebut tersebar di tujuh gudang distributor dengan rincian H Awi tiga ton, Saikun dua ton, Suhadi dua ton.

Selanjutnya stok cabai besar di gudang distributor Acong satu ton, Dayat satu ton, Hajidin dua ton dan Nouval satu ton.

"Diperkirakan stok cabai ini akan terus bertambah karena komoditas ini didatangkan secara rutin dari berbagai sentra produksi di Pulau Jawa dan Sumatera," ujarnya.

Riza mengatakan saat ini harga cabai merah besar masih bertahan Rp45.000 per kilogram, cabai kriting bertahan Rp45.000 per kilogram.

Sementara itu, harga cabai rawit merah naik menjadi Rp45.000 dari Rp40.000 per kilogram dan cabai rawit hijau naik menjadi Rp35.000 dari Rp30.000 per kilogram.

"Harga cabai rawit ini naik karena pasokan dari petani lokal berkurang selama musim hujan," ujarnya.

Ia memperkirakan permintaan cabai merah menjelang Natal tidak akan mengalami peningkatan signifikan yang akan memicu kenaikan harga tinggi.

"Permintaan cabai diperkirakan meningkat namun masih sebatas normal, tidak seperti permintaan menjelang perayaan hari besar keagamaan Islam yang mengalami peningkatan signifikan," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017