Muntok (Antaranews Babel) - Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung melakukan pemantauan langsung terhadap kesiapan pos pengamanan untuk menyukseskan Operasi Lilin Menumbing 2017 di daerah itu.

"Berbagai kesiapan kami pantau langsung, baik sarana, prasarana maupun administrasi agar operasi pengamanan di seluruh pos bisa berjalan dengan baik dan masyarakat semakin nyaman menyambut pergantian tahun," kata Ketua Tim Pengawas Operasi Polda Babel AKBP Sekar Maulana saat berkunjung ke Muntok, Kamis.

Tim pengawas dari Polda Babel melakukan peninjauan langsung pelaksanaan Operasi Lilin Menumbing 2017 di bebeylokasi, salah satunya di pos pelayanan yang berada di Pelabuhan Tanjungkalain Muntok.

Di pos pelayanan utama itu, tim melakukan supervisi yang disambut langsung Kapolres Bangka Barat AKBP Hendro Kusmayadi untuk mencek kelengkapan administrasi, kelengkapan posko, anggaran, sampai dengan pola pelaksanaan pengamanan dan pelayanan di posko.

Seluruh personel yang tergabung dalam Satgas Operasi Lilin Menumbing 2017 Polres Babar juga di periksa, baik administrasi, perencanaan kegiatan maupun hasil kegiatan dari masing-masing satuan.

"Sampai saat ini seluruh kelengkapan dan personel yang terlibat dalam kondisi siap dan lengkap," kata Kabag Operasi Polres Bangka Barat, Kompol Shabaini.

Ia mengatakan, operasi lilin yang digelar sejak sebelum hari raya Natal akan berlangsung hingga 1 Januari 2018 dengan menitikberatkan pada pengamanan tempat ibadah, jalur lintas utama dan lokasi keramaian.

"Pengamanan dan pengawasan ketat akan tetap dilaksanakan hingga masa operasi berakhir," kata dia.

Selain personel Polda Babel, Kapolres Bangka Barat AKBP Hendro Kusmayadi juga secara rutin melakukan pemantauan ke pos pengamanan untuk memastikan kesiapan seluruh anggota yang terlibat.

"Pada Rabu (26/12) Kapolres didampingi Sejumlah perwira melaksanakan pemantauan di Pospam Kelapa, dan memberikan arahan langsung ke personel satgas tetang pelaksanaan tugas," katanya.

Kapolres optimistis dengan segala persiapan yang sudah dilakukan secara matang akan mampu melaksanakan pengamanan agar tercipta situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif.

"Sampai saat ini masih kondusif dan tidak ada kejadian istimewa, kami berharap situasi seperti ini terus berlanjut sehingga masyarakat aman dan nyaman merayakan tahun baru," kata Sahbaini.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017