Muntok (Antaranews Babel) - Sebanyak 150 personel Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dikerahkan untuk mengamankan malam tahun baru agar berjalan tertib dan nyaman.

"Seluruh personel akan kami tempatkan di lokasi yang biasa dijadikan sebagai tempat berkumpulnya warga saat pergantian tahun, kami berharap bisa memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh pengunjung," kata Kapolres Bangka Barat, AKBP Hendro Kusmayadi di Muntok, Minggu.

Sebanyak 150 personel merupakan tim gabungan dari Kepolisian Resor Bangka Barat dan Polsek Muntok sebanyak 111 orang, Dishub 13 orang, Koramil Muntok sembilan orang, Satpol PP tujuh orang dan Senkom 10 orang, mereka akan ditempatkan di titik-titik keramaian dan beberapa objek wisata di Muntok.

Pengamanan lokasi dilakukan untuk menyukseskan kegiatan Operasi Lilin Menumbing 2017 seiring semakin meningkatnya mobilitas masyarakat yang akan merayakan malam tahun baru di lokasi itu.

"Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, kami perkirakan terjadi kosentrasi massa di titik-titik tertentu, kami akan menempatkan personel di lokasi itu untuk menjaga keamanan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan," kata dia.

Sebagai persiapan, kata dia, seluruh personel yang terlibat telah dibekali dengan keterampilan dalam menangani kerumunan massa dan pola rekayasa lalu lintas yang dibutuhkan saat terjadi kemacetan.

"Tadi pagi kami juga sudah melakukan apel gabungan sebagai persiapan pengamanan," kata dia.

Dalam kegiatan itu, Kapolres Hendro Kusmayadi memberikan arahan agar seluruh personel yang terlibat bisa bertugas sesuai prosedur.

"Selain personel berseragam kami juga mengerahkan personel berpakaian sipil untuk memudahkan dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama kegiatan berlangsung," kata dia.

Ia berharap masyarakat juga proaktif menjaga lingkungannya dan tidak larut dalam kegembiraan yang berlebih dalam merayakan pergantian tahun.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017