Muntok (Antara Babel) - Jajaran Satuan Polisi Perairan Resor Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, mengingatkan pemilik kapal penumpang untuk melengkapi perlengkapan keselamatan seiring buruknya cuaca yang terjadi beberapa waktu terakhir.


"Kami turunkan tim Satuan Polair untuk melakukan peringatan sekaligus pembinaan kepada pemilik kapal yang melayani jalur Jalur, Sumatera Selatan-Muntok, pada Rabu (8/1) di Pelabuhan Muntok," kata Kepala Polres Bangka Barat AKBP Djoko Purnomo melalui Kepala Satpolair AKP Sahbaini di Muntok, Kamis.


Ia menjelaskan, Satuan Polair Polres Bangka Barat melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap para pemilik dan awak kapal penumpang Muntok-Jalur agar melengkapi pelampung dan peralatan keselamatan penumpang lainnya.


Menurutnya, situasi cuaca yang buruk beberapa bulan ini cukup ekstrim dan sulit diprediksi.


"Hal ini akan sangat berbahaya untuk pelayaran penyeberangan antarpulau dan bisa mengancam keselamatan penumpang dan awak kapal itu sendiri," kata dia.


Untuk itu, pihaknya berharap para pemilik kapal dan awak kapal untuk waspada dan berhati-hati.


"Lebih baik menunda pemberangkatan kapal pada saat cuaca buruk daripada terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di tengah perjalanan," kata dia.


Ia menambahakan, pihaknya akan terus melakukan pengawasan dan pembinaan kepada pemilik dan awak kapal penumpang agar selalu melengkapi alat keselamatan penumpang.


"Kami harapkan para pelaku penyeberangan selalu menaati aturan penyeberangan dan peringatan yang diberikan pihak pelabuhan," kata Kapolres.

Pewarta: Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014