Koba (Antaranews Babel) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung menggelar program Forum Warga Awas Pemilu guna mendorong partisipasi aktif warga menyukseskan pesta demokrasi pada 2019.

"Awalnya kegiatan ini hanya digelar di internal saja. Namun kami memandang kegiatan seperti ini perlu melibatkan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi aktif dalam mengawal Pemilu 2019," kata Ketua Bawaslu Bangka Tengah, Robianto di Koba, Senin.

Ia menjelaskan bahwa forum warga awas pemilu ini melibatkam berbagai pihak mulai dari anggota panwascam, tokoh masyarakat dari berbagai kalangan, aparat kepolisian, dan TNI.

"Kegiatan forum warga awas pemilu baru satu kali kami gelar di Kantor Panwascam Sungaiselan. Kami akan menjadikan ini program rutin dan tempatnya digilir di masing-masing panwascam," katanya.

Kegiatan forum warga awas pemilu ini, kata dia, akan dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari Bawaslu hingga ke panwascam yang ada di daerah ini.

Ia berharap program tersebut menjadi momentum untuk mengajak dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menciptakan pesta demokrasi yang jujur dan adil.

Menurut Robianto, bantuan berbagai pihak sangat dibutuhkan dalam mengawal dan mengawasi jalannya pemilu mendatang. Dengan harapan, tidak terjadi pelanggaran yang dapat merusak makna demokrasi.

"Dengan jumlah tenaga pengawas yang terbatas, tentu akan terbatas pula ruang lingkup yang bisa diawasi. Maka, butuh bekerja sama dengan berbagai pihak dalam melakukan pengawasan," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018