Muntok (Antaranews Babel) - Polisi Satuan Lalu Lintas Polres Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggiatkan sosialisasi tertib berkendara kepada para pelajar di sejumlah sekolah menengah di daerah itu.

"Sosialisasi pentingnya menjaga ketertiban berlalu lintas diberikan kepada para pelajar diharapkan mampu meningkatkan kesadaran dan pemahamannya untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan di jalan raya," kata Kapolres Bangka Barat melalui Kepala Satlantas, AKP Surya Darma di Muntok, Rabu.

Menurut dia, pada tahun ini kegiatan preemtif akan terus dilaksanakan di seluruh sekolah dan sebagai langkah awal menyasar sekolah yang berada di wilayah Kecamatan Muntok.

"Kali pertama pada tahun ini kami kunjungi SMP Negeri 2 Muntok yang diikuti ratusan pelajar dan para guru sekolah itu," kata dia.

Sosialisasi peraturan tertib berlalu lintas di sekolah itu menekankan agar para siswa yang belum memiliki SIM atau masih di bawah umur untuk tidak membawa kendaraan bermotor ke sekolah.

"Akan lebih baik dan bijaksana jika anak-anak bawah umur diantar jemput oleh para orang tua dan menggunakan helm berstandar SNI," katanya.

Selain itu, sosialisasi juga menyampaikan tentang bahaya kebut-kebutan di jalan yang membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lain.

Kegiatan sosialisasi secara intensif yang dilaksanakan satlantas melalui Unit Dikyasa merupakan upaya untuk mewujudkan pelajar yang bebas dari pelanggaran dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Surya meminta para orang tua ikut berperan aktif dalam memberikan pemahaman tentang tertib berlalu lintas kepada anak-anak mereka untuk menghindari terjadinya kecelakaan di jalan raya.

"Kami berharap para orang tua memberikan perhatian lebih pada kegiatan anak dan hindari memberi izin anak yang di bawah umur dan belum memiliki SIM untuk membawa kendaraan sendiri," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018