Sungailiat (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menargetkan perluasan tanaman padi sawah dan ladang seluas 5.000 hektare pada 2018.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Kemas Arfani Rahman di Sungailiat, Kamis, mengatakan, target perluasan sawah 5.000 hektare sampai akhir 2018 optimistis dapat tercapai dengan mendapat dukungan penuh dari masyarakat atau petani.

Dia menyarankan seluruh petani di daerahnya memaksimalkan menggarap sawah yang sudah disediakan baik sawah yang baru dicetak maupun sawah lama.

"Target 5.000 hektare sawah padi maupun padi ladang tersebar di sejumlah tempat yang memiliki potensi areal persawahan," jelasnya.

Menurutnya, perluasan sawah dengan target yang ditetapkan itu bertujuan untuk memenuhi produksi padi sehingga secara bertahap kedepannya mampu mencukupi kebutuhan beras masyarakat.

"Kemampuan produksi padi hasil panen petani dianggap belum mampu mencukupi kebutuhan beras masyarakat sehingga masih ketergantungan pasokan beras dari luar pulau Bangka," jelasnya.

Petugas penyuluh lapangan kata dia, agar lebih mengoptimalkan pembinaan kepada seluruh petani baik melalui kelompok tani maupun langsung kepetani.

"Pengelolaan sawah harus ditangani dengan keseriusan dan kerjasama sehingga akhirnya mampu menghasilkan produksi panen sesuai harapan," ujarnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018