Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjamin stabilitas harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional menjelang perayaan Imlek pada 16 Febuari 2018.

"Dalam persiapan Imlek kita berupaya untuk menjaga kestabilan harga di pasaran. Dari laporan tim di lapangan H-11 jelang Imlek harga relatif stabil," kata Kepala Bidang Pengembangan Perdagangan Disperindag Babel, Riza Aryani, Senin.

Untuk menjaga kestabilan harga Riza mengatakan Disperindag melakukan kordinasi dengan tim Satgas Pangan dan pemangku kepentingan agar harga kebutuhan pokok tetap di bawah HET.

Sesuai dengan Permendag No 57 HET gula Rp12.500 per kilogram, minyak goreng kemasan sederhana Rp11.000 per liter, beras premium Rp13.300 per kilogram dan medium Rp9.950 per kilogram, sementara harga daging beku Rp80.000 per kilogram.

Untuk harga beras premium dan medium dalam pantauan Disperindag Babel juga masih stabil, seperti di Pasar Ratu Tunggal dan Pasar Pagi Kota Pangkalpinang harga beras premium berada pada kisaran Rp13.000 per kilogram dan medium Rp9.950 per kilogram.

"Harga beras bahkan mengalami penurunan seperti beras premium pada dua minggu yang lalu berkisar Rp13.300 per kilogram menjadi Rp13.000 per kilogram. Diperkirakan pekan depan harga akan tetap normal karena petani akan panen raya," jelas Riza.

Selain operasi pasar, Disperindag juga menyiapkan beras cadangan untuk menjaga kestabilan harga dan mengontrol distribusi kebutuhan pokok yang masuk melalui jalur Pelabuhan Pangkal Balam.

Riza juga mengimbau untuk para pedagang tidak memanfaatkan momen Imlek dengan menaikkan harga kebutuhan pokok.

Pewarta: Syafri Ario

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018