Pangkalpinang (Antaranews Babel) - PT PLN Wilayah Bangka Belitung kembali berhasil memecahkan rekor dunia dari MURI untuk komposisi pengguna listrik prabayar tertinggi di satu provinsi setelah diselesaikannya program 100 persen listrik prabayar untuk meningkatkan layanan.

General Manager PLN Wilayah Bangka Belitung, Abdul Mukhlis, di Pangkalpinang, Minggu, mengatakan saat ini pengguna listrik pada katagori daya 450 VA - 16,5 kVA sudah 100 persen menggunakan listrik prabayar. Hal tersebut berkontribusi dalam komposisi pelanggan di Bangka Belitung sebesar 99 persen.

"Hanya 1 persen dari total pelanggan di Bangka Belitung yang masih menggunakan listrik pascabayar, yaitu pada kelompok daya di atas 16,5 kVA yang biasanya digunakan untuk keperluan industri. Khusus untuk golongan pelanggan tersebut akan dilayani dengn Automator Meter Reading (AMR)," ujarnya.

Listrik prabayar merupakan salah satu produk unggulan dari PLN yang memberikan manfaat baik bagi pelanggan baik swasta, pemerintah daerah dan juga PLN.

Adapun manfaat listrik prabayar bagi pelanggan, yaitu akan membantu pengendalian pemakaian listrik dan tidak akan terkena biaya keterlambatan serta terhindar dari sanksi pemutusan akibat telat membayar listrik.

"Sementara bagi pemerintah daerah, pendapatan asli daerah melalui pajak penerangan jalan akan lebih cepat dikarenakan sudah tidak ada lagi pelanggan PLN yang terlambat membayar tagihan listrik," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018