Muntok (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar pekan bersih lingkungan sekolah untuk menanamkan kepedulian menjaga kesehatan sejak usia dini.

"Kebersihan lingkungan merupakan faktor penting untuk menjaga kesehatan manusia melalui pengenalan sejak dini, sehingga kami harapkan kepedulian dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat bisa membudaya," kata Kepala Bagian Komunikasi Humas dan Protokol Pemerintah Kabupaten Bangka Barat Henry Firsanto, di Muntok, Rabu.

Pekan bersih lingkungan dengan melakukan gotong royong membersihkan lingkungan sekolah dilaksanakan di sejumlah sekolah seluruh tingkatan yang ada di daerah ini, dengan melibatkan guru dan siswa sekolah bersangkutan.

Gerakan bersama yang direncanakan berjalan selama tiga bulan tersebut merupakan salah satu tindakan perbaikan kualitas lingkungan sekolah, sekaligus menanamkan jiwa gotong royong kepada generasi penerus sejak usia dini.

Selain itu, kata dia, kegiatan itu juga sebagai salah satu bentuk pendidikan yang memunculkan sikap peduli terhadap lingkungan dengan melaksanakan tindakan langsung dari para siswa.

"Ada beberapa sekolah yang terpantau sudah menjalankan gerakan tersebut, seperti TK Negeri Pembina Simpangteritip, TK Stania Parittiga, SMP Negeri 1 Tempilang, SMP Negeri 1 Simpangteritip, dan SMP Negeri 3 Muntok, kami berharap sekolah lain mengikuti gerakan peduli lingkungan tersebut agar ke depan bisa membudaya," kata dia.

Dunia pendidikan merupakan salah satu garda depan untuk menanamkan dan menumbuhkan jiwa gotong royong di masyarakat, dan akan dilaksanakan terus-menerus untuk meningkatkan kepedulian terhadap kebersihan dan perbaikan lingkungan baik di sekolah maupun di lingkungan sekitar tempat tinggalnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka Barat Megawati memberikan apresiasi positif terhadap kegiatan tersebut dan berharap dapat menjadi contoh, sehingga menggugah kesadaran semua elemen masyarakat untuk meningkatkan peran dalam bergotong-royong peduli lingkungan permukiman masing-masing.

"Kami berharap agenda tiga bulan bersih sampah di Kabupaten Bangka Barat berhasil menanamkan kepedulian dan?keaktifan dalam menjaga kebersihan lingkungan secara berkelanjutan," kata dia lagi.



Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018