Koba (Antaranews Babel) - Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ibnu Saleh menginginkan Desa Air Mesu di Kecamatan Pangkalanbaru menjadi sentra tanaman durian lokal dengan mendorong masyarakat membudidayakan tanaman tersebut.

"Saya melihat kebun durian masyarakat di desa ini sangat luas, kualitasnya juga sangat bagus dan saya ingin Mesu ini dijadikan sentra durian lokal," katanya di Koba, Minggu.

Menurut dia secara geografis dan struktur tanah memang Desa Air Mesu lebih cocok dijadikan lokasi pembudidayaan tanaman durian lokal dibanding desa lain.

"Saya itu ingin sektor perkebunan dan pertanian dikembangkan sesuai dengan potensi desa, kalau cocok ditanami durian maka harus dikembangkan dan itu akan membantu masyarakat," katanya.

Desa Air Mesu setiap tahun juga menyelenggarakan kontes durian lokal berkualitas dan hal itu merupakan salah satu alasan kenapa desa itu pantas mengembangkan tanaman tersebut.

"Bahkan kontes durian lokal ini sudah menjadi agenda rutin di Desa Air Mesu, tentu kegiatan yang positif untuk mendorong semangat warga dalam membudidayakan tanaman durian," ujarnya.

Ibnu Saleh mengatakan setiap desa memiliki potensi masing-masing misalnya Desa Air Mesu memiliki potensi durian, Namang tanaman padi sawah, Lubuk Besar pengembangan madu kelulut.

"Setiap desa ada potensinya maka jangan dipaksakan untuk mengembangkan yang tidak potensial di desa tersebut," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018