Sungailiat (Antaranews Babel) - Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bangka berharap Forum Anak Sepintu Sedulang di Bangka mempercepat terwujudnya Kabupaten Layak Anak.

"Kita berharap melalui Forum Anak Sepintu Sedulang (FASS) aspirasi anak-anak bisa didengar sehingga dapat menuju Kabupaten Layak Anak," ujar Plt Bupati Bangka Rustamsyah yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian, Dawami ketika membuka diskusi bertema "Suara Aspirasi Anak Dalam Rangka Penguatan Kapasitas FASS" di Sungailiat, Kamis.

Ia mengatakan anak sebagai karunia dan amanah yang didalam anak melekat hak, harkat dan martabat, hak anak masih menjadi masalah seperti soal pendidikan.

"Pendidikan itu ada pendidikan fisik, pendidikan rohani dan kreatifitas lain yang harus kita penuhi semua," jelasnya.

Menurut dia Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka telah memberi kontribusi nyata dalam pembinaan anak-anak, termasuk juga untuk memfilter dari derasnya pengaruh informasi maupun tindak negatif kejahatan narkoba.

"Anak-anak harus bijak menggunakan teknologi seperti telpon seluler, apalagi banyak informasi bohong beredar yang bisa terposting di media sosial. Kalau ada info silakan dicermati, kalau bohong tidak perlu digubris," kata Dawami.

Ia mengungkapkan aspirasi anak-anak pun banyak yang perlu disuarakan, Pemkab Bangka telah melibatkan anak-anak dalam musyawarah rencana pembangunan tingkat kabupaten, nantinya bisa saja dilibatkan di tingkat kecamatan dan desa.

"Mudah-mudahan nanti forum anak dilaksanakan di tingkat kecamatan, kelurahan dan desa. Karena itu mari kita memberi ruang dan perlindungan kepada anak-anak agar dapat bertumbuh kembang dengan baik," ujarnya.

Ketua Panitia Penyelenggaraan Forum Anak Kabupaten Bangka, Apriliana mengatakan forum anak diikuti 100 orang anak dari sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas sederajat di Bangka, termasuk duta anak Kabupaten Bangka 2017.

"Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari diisi dengan berbagai kegiatan antara lain dialog bersama sejumlah narasumber pusat dan daerah, diskusi kelompok, pemilihan forum anak daerah dan duta anak Bangka serta ajang kreasi," kata Apriliana.

Pewarta: Dwi HP

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018