Muntok (Antara Babel) - Investor dari China tertarik untuk membangun pembangkit listrik tenaga uap di Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, karena dinilai memiliki lokasi strategis.


"Kabupaten Bangka Barat, khususnya Kota Muntok memiliki posisi menguntungkan karena sangat dekat dengan Pulau Sumatera," kata perwakilan Perusahaan Idaman Grup selaku penghubung investor, Arbain, saat berkunjung ke Bangka Barat, Selasa.


Ia menjelaskan, Kabupaten Bangka Barat memiliki beberapa titik lokasi potensial yang menjadi daya tarik perusahaanya pihaknya, seperti lokasi yang saat ini disiapkan menjadi kawasan industri di Tanjung Ular, Muntok.


Menurutnya, lokasi tersebut letaknya starategis untuk mendatangkan batu bara sebagai bahan bakar PLTU dari Pulau Sumatera.


"Dekatnya jarak itu akan memudahkan pasokan bahan baku untuk pembangkit PLTU, ini jelas akan menguntungkan karena secara otomatis lebih murah dan cepat," kata dia.


Selain itu, kata dia, masih banyak lagi lain dampak positif dari lokasi strategis tersebut untuk mendukung indutri lainnya.


"Kami sangat menginginkan untuk berinvestasi di bidang industri, salah satunya PLTU yang dapat menunjang industri di kawasan ini sehingga dapat berjalan dengan lancar dan baik," kata dia.


Dalam kunjungan pertamanya di Bangka Barat tersebut, Arbain mengatakan sangat tertarik untuk berinvestasi karena kawasan industri yang telah disiapkan Pemkab Bangka Barat cukup potensial dan terletak pada lokasi yang sterategis dekat dengan Pulau Sumatera sehingga dapat memperkecil biaya produksi.


Sementara itu, Bupati Bangka Barat Zuhri M Syazali pada kesempatan itu menyatakan kegembiraannya dan berterima kasih kepada investor yang berkeinginan untuk berinvestasi di daerah itu.


"Kami menyarankan pihak Idaman Group untuk melakukan survei dan kajian terlebih dahulu agar nanti tidak ada pihak-pihak yang merasa dirugikan," kata Bupati Zuhri.


Setelah kunjungan itu, pihak Idaman Group selanjutnya dibawa untuk meninjau lokasi kawasan industri di lokasi Tanjung Ular, Kecamatan Muntok.

Pewarta: Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014