Pangkalpinang, (ANTARA Babel) - Kementerian Sekretaris Kabinet akan menggelar "visit media" atau sosialisasi media mulai 11 hingga 13 Oktober 2012 di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk menghimpun informasi sebelumnya dan selanjutnya akan menghubungkan informasi yang ada di daerah dengan pemerintah pusat dan dipantau langsung Presiden RI," ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, K.A Tajuddin di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan, semua informasi yang ada di daerah nantinya melalui web pemerintah daerah akan terkoneksi langsung ke Kementerian Sekretaris Kabinet RI dengan tujuan semuanya bisa ditinjau dari pusat dalam artian perkembangan di daerah akan mendapat perhatian langsung dari pemerintah pusat baik yang positif maupun yang negatif.

Selain itu, kata dia, dengan adanya koneksi langsung dari pusat ke Babel secara otomatis informasi yang ada di media lokal di Babel akan bisa dipantau langsung dari pusat.

"Nantinya semua kegiatan di daerah yang menarik akan diangkat di pusat sehingga menjadi isu secara nasional untuk dipromosikan kepada seluruh Indonesia dan tidak menutup kemungkinan dipromosikan ke dunia Internasional," ujarnya.

Menurut dia, kegiatan Kementerian Sekretaris Kabinen RI ini merupakan keuntungan yang sangat besar bagi Babel, karena Babel memiliki banyak potensi yang menarik baik dari segi pariwisata, pertanian dan pertambangan.

Dari segi pariwisata Babel memiliki banyak potensi pariwisata baik dari kekayaan alam, budaya dan sejarah sehingga sudah ditetapkan menjadi daerah tujuan wisata ketiga setelah Bali dan Lombok.

Kemudian dari segi pertanian Babel memiliki hasil lada yang sudah terkenal di Eropa sedangkan dari hasil pertambangan di Babel yaitu Timah merupakan pengekspor terbesar di seluruh dunia.  

Melihat banyak potensi tersebut tidak menutup kemungkinan pemerintah pusat lebih memperhatikan Babel dan dipromosikan ke kanca dunia internasional.

Secara otomatis jika semua kegiatan atau program pemerintah daerah yang dianggap bisa mensejahterakan masyarakat setempat akan mendapat perhatian langsung dari pemerintah pusat dan tidak menutup kemungkinan akan mendapat bantuan dari pusat.

Secara umum media itu memiliki peran yang sangat besar dalam setiap pembangunan ataupun setiap kegiatan lainnya, karena tanpa adanya bantuan dari media kegiatan itu tidak akan pernah sukses karena tidak ada masyarakat yang tahu.

Selain itu, masyarakat juga sangat membutuhkan informasi dari media terutama program dari pemerintah yang tentunya untuk kesejahteraan masyarakat setempat. (T.KR-WRA)

Pewarta: wira suryantala

Editor : Wira Suryantala


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2012