Kelapa (Antara Babel) - Bupati Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Zuhri M Syazali mengatakan kepala desa merupakan kunci utama untuk percepatan pembangunan di daerahnya agar terwujud masyarakat  mandiri dan sejahtera.


"Kepala desa harus mampu menggandeng seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama untuk mewujudkan cita-cita bersama yaitu masyarakat Bangka Barat yang cerdas, sehat, tenang jiwanya dan berkecukupan ekonominya," ujar Bupati Zuhri saat pelantikan Kepala Desa Pusuk, Kecamatan Kelapa, Kamis.  


Menurutnya, keterlibatan seluruh kelompok dan dukungan penuh masyarakat merupakan hal terpenting dalam melakukan peningkatan pembangunan yang berkesinambungan.


Ia menambahkan, mandiri dan sejahtera merupakan cita-cita bersama yang tidak mudah untuk diwujudkan tanpa adanya kreativitas dari para kepala di daerah itu.


"Pemkab telah membuat program kerja yaitu pembentukan desa mandiri, sebagai salah satu upaya percepatan pembangunan masyarakat yang dimulai dari tingkat desa," kata dia.


Ia mengatakan, saat ini Desa Pusuk belum menjadi sebuah desa mandiri dan untuk itu kepala desa yang dilantik diharapkan mampu berbuat banyak dengan menggandeng seluruh elemen yang ada di desanya agar menjadi sebuah desa yang mandiri.


"Jika sudah ditetapkan sebagai desa mandiri, suka tidak suka pemerintah daerah akan lebih fokus dalam hal pembangunan kepada desa yang telah ditetapkan menjadi desa yang mandiri," kata dia.


Pada kesempatan itu Zuhri mengungkapkan tantangan dan beban seorang kepala desa ke depan semakin berat, untuk itu diharapkannya kepala desa yang sudah memiliki pengalaman harus segera berbenah supaya Desa Pusuk harus lebih baik dan jangan sampai tertinggal dari desa-desa lain.


"Tidak hanya kepada Desa Pusuk, kami juga mengharapkan kepada semua kepala desa yang saat ini belum ditetapkan menjadi desa mandiri harus cepat berbuat agar percepatan pembangunan yang ada di desanya dapat dilaksanakan," kata dia.


Ia mengatakan, pembentukan desa mandiri tersebut kuncinya cukup sederhana yaitu kreativitas dan kerja keras dari kepala desa, jika kepala desa mampu memotivasi perangkatnya, kerjasama dengan BPD, mampu berkomunikasi intensif dengan LPM serta rajin berkoordinasi dengan camat maka akan mendapat dukungan dari masyarakat.


"Dukungan penuh masyarakat itu merupakan hal positif karena akan memudahkan menjalankan berbagai program yang bisa meningkatkan kesejahteraan dan kemandiriannya," kata dia.


Ia mencotohkan, saat ini ada beberapa desa yang telah ditetapkan sebagai desa mandiri dan sudah mulai menampakkan hasilnya salah satunya Desa Airbelo, Kecamatan Muntok.


Desa tersebut, kata dia, bisa dijadikan rujukan untuk belajar dan mencontoh keberhasilan Desa Airbelo yang sudah terbangun gedung serba guna dan tanah kas desanya yang dimanfaatkan untuk bercocok tanam serta banyak lagi yang dapat dicontoh.


Pada kesempatan itu, Bupati melantik Kepala Desa Pusuk periode 2014-2020, Lizan dan dihadiri pejabat terkait lainnya.

Pewarta: Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014